MENSIKAPI ANCAMAN BADAI MATAHARI TAHUN 2013

37- Maka apabila langit terbelah dan menjadi merah mawar seperti (kilapan) minyak. 38- Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? (Ar Rahman 37)


Sebuah ramalan menakutkan baru saja dipublikasikan badan antariksa NASA. Menurut sejumlah astronom Amerika, pada tahun 2013, matahari akan bangun dari hibernasi selama bertahun-tahun. Sayangnya, kondisi itu tak menguntungkan penghuni bumi. Dampak ‘bangunnya’ matahari dari hibernasi tahunan dapat menimbulkan gangguan global bagi kehidupan dibumi. Serbuan gelombang elektomagnetik badai matahari dapat melumpuhkan satelit ,sistim komunikasi , jaringan listrik dan berbagai peralatan eletronik dibumi. Jika ini terjadi dalam waktu yang lama tentunya akan menimbulkan kekacauan dan kepanikan.

Bencana sejenis disebutkan pernah terjadi pada tahun 1859 dan mendatangkan kerusakan dahsyat di Eropa dan Amerika. Saat itu dilaporkan kawat telegraf terbakar habis. Bahkan, saat itu diberitakan dua pertiga langit di Bumi diselimuti cahaya aurora berwarna merah darah. Mungkin keadaan seperti ini yang dimaksud Allah dalam surat Ar Rahman ayat 37, ketika lagit terbelah dan menjadi merah mawar seperti kilapan minyak. Kalau pada tahun 1859 badai matahari telah menimbulkan kerusakan pada kabel telegraph bagaimana dengan tahun 2013?. Jaringan kabel transmisi data dan listrik jauh lebih banyak dibandingkan pada masa itu. Para ilmuwan belum bisa memprediksi seberapa besar pengaruh badai matahari ini terhadap jaringan transmisi listrik tegangan tinggi , tegangan rendah maupun jaringan telekomunikasi .
Betapa kacaunya dunia ini jika beberapa hari mengalami kondisi tanpa listrik, tanpa komunikasi telepon maupun HP, tanpa transfortasi pesawat terbang , kapal laut dan tanpa menggunakan peralatan elektronik seperti internet, komputer dan lain sebagainya, betul betul kondisi yang mencemaskan. Gelombang energi magnetik yang tercipta di atmosfer diperkirakan akan memicu badai radiasi yang menyebabkan lonjakan energi berkekuatan besar. Akibatnya, akan tercipta badai awan di kota-kota besar dunia seperti London, Paris, Tokyo dan New York. Pada tahun 1989, bencana serupa yang berskala kecil sempat mengganggu pembangkit listrik di Quebec, Kanada. Mantan penasihat pertahanan pemerintah AS, Dr. Avi Schnurr, memperingatkan bahwa , “Badai geomagnetik bisa menghancurkan negara-negara di muka bumi. Kita tidak bisa hanya berpangku tangan menunggu bencana itu datang.”


Menteri Pertahanan Inggris, Liam Fox telah menggelar konperensi darurat di London pada 20 September 2010 yang lalu . Fox yang bergelar doktor mengatakan bencana yang dampaknya sulit diukur dan diprediksi ini bisa mengakibatkan kerusakan berskala hebat. Dan jika benar terjadi, maka badai matahari itu bisa menciptakan kerusakan yang jauh lebih berbahaya ketimbang ledakan serupa pada tahun 1859. Dia meminta para ilmuwan untuk menyusun strategi guna mengantisipasinya. Konferensi yang diselenggarakan oleh Dewan Keamanan Infrastruktur Listrik Inggris itu mendengar paparan dari para ahli bahwa Matahari akan mencapai tahap kritis dari siklusnya di tahun 2013 mendatang.

Serbuan badai matahari kebumi bukanlah hal baru , secara periodik bumi selalu dihantam badai matahari dalam skala kecil. Badai matahari terjadi dalam siklus 11 tahunan. Dalam siklus tertentu terjadi serbuan badai yang sangat kuat. Badai matahari memang tidak berdampak langsung pada tubuh manusia, ia hanya berdampak pada peralatan teknologi canggih yang menjadi penunjang kehidupan manusia dewasa ini. Dimasa lalu ketika kehidupan manusia belum bergantung pada teknologi canggih seperti saat ini, badai matahari tidaklah menimbulkan dampak berarti bagi kehidupan manusia.

Namun dewasa ini kehidupan manusia dikota besar sangat bergantung pada berbagai peralatan canggih yang menggunakan listrik dan gelombang elektromagnetik. Badai matahari diperkirakan akan berdampak buruk bagi jaringan listrik dan komunikasi dibumi ini. Badai matahari dapat menyebabkan gangguan pada systim elektonik pesawat terbang, kapal laut, dan berbagai sarana transfortasi lainnya. Badai matahari yang kuat juga dikuatirkan akan menyebabkan gangguan pada jaringan transmisi listrik diseluruh dunia, yang mengakibatkan pemadaman listrik sampai beberapa lama. Para ilmuwan tidak bisa memprediksi berapa lama dan berapa besar kerusakan yang bisa terjadi akibat badai matahari tersebut.

Bagi kita ini adalah peringatan dari Allah agar kita selalu kembali padaNya, Allah memperingatkan agar manusia jangan sombong dengan kemajuan teknologi yang dimilikinya. Semua kemajuan teknologi tersebut tidak berdaya menghadapi kebesaran Allah.

29- Sesungguhnya (ayat-ayat) ini adalah suatu peringatan, maka barang siapa menghendaki (kebaikan bagi dirinya) niscaya dia mengambil jalan kepada Tuhannya. (Al Insan 29)

Disamping mempersiapkan segala sesuatu secara teknis untuk menghadapi serbuan badai matahari pada tahun 2013 nanti, mari kita persiapkan diri kita untuk selalu bertakwa pada Allah dengan meningkatkan amal ibadah dan dzikir padaNya. . Ini adalah peringatan Allah agar kita selalu kembali padaNya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...