BUMI TERASA SEMAKIN KECIL

Pada abad ke 15 Colombus dan Magelhaes, telah melakukan perjalanan keliling dunia berangkat dari daratan Eropa kearah timur sampai ke benua Amerika, kepulauan Indonesia, India, Afrika dan kembali ke Eropa dalam perjalanan yang lamanya lebih dari satu tahun. Perjalan yang begitu jauh ditempuh dengan kapal layar dalam waktu yang demikian lama. Sekarang perjalan yang serupa bisa ditempuh manusia hanya dalam tempo 1 atau 2 hari dengan menggunakan pesawat terbang. Berkat kemajuan teknologi transportasi, bumi yang dahulu terasa luas dan besar sekarang terasa semakin kecil.

Dengan kemajuan teknologi manusia bisa berjalan dari satu tempat ketempat lain yang jaraknya ribuan kilometer dalam waktu yang singkat, hanya beberapa jam atau beberapa hari saja. Jarak yang sama ratusan atau ribuan tahun yang lalu hanya bisa ditempuh oleh manusia menggunakan kapal layar dalam tempo ber bulan bulan atau beberapa tahun. Allah mengangkut manusia dilautan dengan kapal layar, dan Allah hendak menciptakan pula kendaraan yang serupa itu, untuk mengangkut manusia ketempat yang jauh, sebagaimana fiirman -Nya dalam surat Yasin ayat 41-42 :

41- Dan suatu tanda (kebesaran Allah yang besar) bagi mereka adalah bahwa Kami angkut keturunan mereka dalam bahtera yang penuh muatan,

42- dan Kami ciptakan untuk mereka yang akan mereka kendarai seperti bahtera itu.
(Yasin 41-42)


Apa yang dijanjikan Allah dalam surat Yasin ayat 41-42, 1400 tahun yang lalu itu sekarang telah menjadi kenyataan. Allah telah menggantikan kapal layar dengan kapal laut yang besar dan kuat, yang berlayar mengandalkan kekuatan mesin, bukan dengan tenaga angin seperti dahulu. Disamping itu Allah juga telah menciptakan pesawat terbang, yang mampu mengangkut penumpang dan barang seperti layaknya kapal layar tersebut, namun mempunyai kecepatan ratusan kali kecepatan kapal layar.

Kapal yang berlayar dilautan mampu mengangkut penumpang dalam jumlah ribuan orang, kapal tersebut berlayar bagaikan hotel yang terapung, berlayar dari satu kota ke kota yang lain didunia ini. Bermacam jenis kapal yang berlayar dilaut telah diciptakan Allah untuk memenuhi kebutuhan manusia, ada kapal penumpang khusus mengangkut manusia, ada kapal tanker khusus mengangkut BBM, kapal induk mengangkut alat perang, ada kapal kontainer yang khusus mengangkut barang dan lain sebagainya.


Allah telah menciptakan berbagai sarana transportasi tersebut untuk menjamin kelangsungan hidup manusia dibumi ini. Tanpa semua itu manusia dibumi yang jumlahnya hampir mencapai 7 milyar akan mengalami kesulitan dan mungkin akan musnah. Apa yang diangkut dengan kapal laut seperti tersebut diatas , sangat tidak mungkin diangkut oleh kapal layar seperti 1400 tahun yang lalu. Kapal laut tersebut melayani pengangkutan penumpang dan barang serta melayani perdagangan antar kota dan Negara. Bumi yang demikian besar kini terasa semakin kecil


Untuk mobilitas manusia yang membutuhkan kecepatan tinggi, Allah telah menciptakan pesawat terbang, yang mampu terbang dengan kecepatan sampai 900 km/jam. Pesawat penumpang yang besar mampu mengangkut penumpang ratusan orang. Keberadaan pesawat terbang sebagai sarana trasnportasi yang mampu terbang dengan kecepatan tinggi , menghubungkan kota besar diseluruh dunia, tidak pernah terbayangkan oleh manusia 1400 tahun yang lalu, ketika Al Qur’an baru diturunkan. Secara samar Allah telah menyebutkan sarana ini dalam surat yasin ayat 41-42. Memang Allah tidak secara tegas menyebutkan pesawat terbang ketika itu, karena pemikiran manusia dizaman itu belum mampu memahami, apa yang disebut pesawat terbang. Sangat tidak masuk akal bagi manusia di abad ke 6 bahwa ada besi yang beratnya ribuan ton bisa mengapung di lautan, atau ada burung dari besi yang beratnya puluhan ton bisa terbang dengan kecepatan tinggi di angkasa raya.

Demikianlah sebagian dari tanda kebesaran Allah bagi orang yang mau memikirkan dan memahaminya. Allah telah membuktikan kebenaran Al Qur’an secara bertahap, sayang sedikit sekali orang yang mau memahaminya.

Orang yang tidak percaya pada kekuasaan Allah berkata:” Pesawat terbang, kapal laut dan berbagai fasiltas yang dinikmati manusia itu kan semua ciptaan dan hasil pemikiran manusia “. Betul semua itu hasil pemikiran dan buah karya manusia, tapi coba ingat, siapakah yang menciptakan manusia dari setetes air yang hina? Siapakah yang menciptakan otak manusia yang cerdas itu? Siapakah yang mengajari manusia berbagai ilmu pengetahuan. Mudah mudahan pemikiran ini menambah Iman dan keyakinan kita kepada Allah SWT… amin…



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...