Apakah Anda Salah Satu Pengubah Dunia?

Ada yang bilang, persaingan hidup di dunia saat ini bukan hanya di kehidupan nyata, namun juga di dunia maya. Sepertinya hal ini ada benarnya. Sebuah media ternama mengumumkan nama sejumlah pemuda yang mampu mengubah dunia. Sebagian besar diantaranya meraih simpati dan kesuksesan dari dunia maya.

Beberapa orang ini ditulis sebagai manusia yang bisa mengubah dunia. Mereka sama, manusia seperti kita. Bahkan usia mereka masih tergolong sangat muda. Bedanya adalah ide dan aksi yang telah mereka lakukan. Ide dan aksinya berdampak luas. Bukan hanya bagi individu, kota ataupun negara. Namun ide dan aksi mereka mampu mengubah cara pandang dunia.

Saya akan menuliskan beberapa orang diantara mereka. Yang pertama adalah Mark Zuckerberg. Pemuda asal Amerika inilah yang membuat situs jejaring sosial Facebook, di usia 19 tahun (saat ini usianya sekitar 26 tahun). Awalnya situs Facebook digunakan sebagai sarana komunikasi antar mahasiswa Harvard, tempatnya berkuliah. Namun saat ini Facebook sudah menjadi situs raksasa nomor satu di dunia, dengan jutaan pengguna baru setiap bulan.

Selanjutnya ada Steve Shih Chen dan Chad Hurley. Keduanya adalah pencipta dari situs “berbagi video online”, YouTube di tahun 2005. Saat itu, Chad berusia 28 tahun dan Steve berumur 27 tahun.Dengan keuletan pemasaran yang mereka lakukan, saat ini Youtube menjadi situs berbagi video nomor satu di dunia. Dan ketika diakuisi oleh Google di tahun 2006 setahun setelah didirikan, nilai Youtube sudah Rp. 16,9 triliun rupiah.

Larry Page dan Sergey Brin merilis situs pencari Google, 4 September 1998. Saat itu, mereka berdua berusia 25 tahun dan 24 tahun. Percaya atau tidak, kantor Google pertama mereka adalah sebuah garasi milik pribadi. Keajaiban ditunjukkan oleh mereka berdua. Hanya dalam beberapa tahun Google menjadi mesin pencari nomor satu di dunia dan saat ini sudah meraup keuntungan milyaran rupiah setiap bulannya.

Sejumlah orang yang saya tulis di atas melihat peluang kesuksesan di dunia dari sisi yang berbeda. Mereka tidak bersaing di dunia nyata. Mereka mencoba meraih kesuksesan melalui dunia maya. Dan mereka berhasil. Dampak yang mereka timbulkan juga telah mengubah cara pandang dunia. Faktor usia juga bukan penghalang untuk meraih kesuksesan. Masih banyak jalan menuju ke atas. Anda bisa naik lift, elevator, tangga, balon udara atau naik dengan melompat. Tergantung mana yang Anda pilih.

Satu pesan saya, usahakan apa yang Anda kejar dan Anda cita-citakan bisa mengubah dunia ke arah yang lebih baik.

Apakah Anda salah satunya?



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...