Al Jabbar Maha Kuasa

Kesalahan terbesar manusia adalah merasa besar di hadapan Allah dan terperangkap dalam perasaan angkuh. Penyebabnya adalah manusia menganggap dirinya sebagai wujud yang tidak tergantung kepada Allah, Tuhan yang telah menciptakannya. Ia merasa yakin bahwa sejumlah kelebihannya berasal dari dirinya sendiri, dan karenanya merasa sebagai “sosok yang mampu berdiri sendiri”.

Ini benar-benar sesuatu yang sama sekali tidak masuk akal. Dengan merenung sejenak, akan kita pahami dengan jelas bahwa kita hadir ke dunia bukan atas kehendak sendiri. Kita takkan pernah tahu kapan hidup kita berakhir, dan kita tak pernah menentukan sendiri sifat yang ada pada diri kita.

Berdasarkan semua fakta ini, sangatlah jelas betapa tidak tepat dan tidak beralasan bila manusia menyombongkan diri di hadapan Penciptanya sendiri. Manusia hendaknya memahami kebesaran Allah, dan menyadari bahwa Dia-lah yang telah menciptakannya dari ketiadaan. Allah-lah yang telah memberinya segala sifat dan kemampuan yang ada dalam dirinya.

Manusia juga tidak boleh lupa bahwa Allah dapat mengambil kembali seluruh nikmat pemberian-Nya kapan pun Dia menghendaki. Allah pasti akan mengambil nikmat hidup seluruh makhluk-Nya di dunia, sehingga semua yang hidup suatu saat pasti mati. Manusia harus menerima bahwa Allah-lah satu-satunya yang kekal, dan hanya kepada-Nya ia harus berserah diri. Sebab Allah berkuasa menjadikan semua mereka yang menyombongkan diri tanpa alasan yang benar, yang lalai akan kelemahan mereka, dan yang berpaling dari-Nya, untuk tunduk kepada-Nya kapan pun Dia menghendaki. Hal ini adalah mudah bagi Allah, sebab Dia-lah yang memiliki segala kesempurnaan dan kekuasaan di atas makhluknya, sebagaimana dinyatakan dalam Kitab-Nya:

Dia-lah Allah Yang tiada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia, Raja, Yang Maha Suci, Yang Maha Sejahtera, Yang Mengaruniakan keamanan, Yang Maha Memelihara, Yang Maha Perkasa, Yang Maha Kuasa, Yang Memiliki segala keagungan, Maha Suci, Allah dari apa yang mereka persekutukan. (QS. Al Hasyr, 59:23)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...